Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Merawat Lovebird Untuk Pemula yang Wajib Diketahui!

8 Cara Merawat Lovebird Untuk Pemula yang Wajib Diketahui!
Mendengar kata lovebird tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan burung yang satu ini. Burung ini menjadi salah satu burung yang paling populer di dunia kicau mania.

Memiliki suara yang merdu serta memiliki warna yang beragam pada bulunya, menjadikan nilai plus pada burung ini. Harga yang ditawarkan untuk burung lovebird beragam-ragam sesuai jenisnya.

Cara merawat burung ini tergolong gampang dan juga susah, tergantung bagaimana kita nya saja. Bila yang sudah biasa merawat burung ini, tentunya sangat gampang untuk merawatnya.

Namun untuk pemula, sepertinya sangat susah untuk dipraktekkan. Bila anda pemula, jangan khawatir, kami memiliki cara terbaik untuk merawat burung lovebird. Anda dapat membacanya disini bila ingin tahu cara merawat burung lovebird untuk pemula.

Hal-hal yang harus disiapkan sebelum merawat lovebird

1. Siapkan kandang

Yang harus disiapkan pertama jika ingin merawat burung lovebird adalah kandang atau sangkar. Sangkar burung lovebird harus menggunakan besi dan tidak bisa asal sembarangan sangkar seperti sangkar kayu.

BACA JUGA: BACA JUGA: 10 cara menstabilkan birahi lovebird dengan cepat

Bila sangkar yang kita gunakan menggunakan kayu, maka burung akan lolos dan pergi begitu saja. Karna, ruji kayu pada sangkar akan dimakan oleh lovebird sehingga memudahkan lovebird untuk kabur.

Hal inilah yang membuat sangkar lovebird tidak boleh menggunakan kayu. Anda dapat menggunakan sangkar besi, karna besi kuat menahan gigitan dari lovebird sehingga tidak akan patah.

Ukuran minimal sangkar untuk lovebird adalah 45 cm × 45 cm, ini untuk sangkar besi kotak. Anda juga bisa menggunakan sangkar besi panjang T3 yang lebih ideal untuk lovebird.

Tak hanya kandang, anda juga harus menyiapkan cepuk untuk wadah makan dan minum. Serta siapkan kayu atau batang pohon di dalam sangkar untuk lovebird bertengger.

BACA JUGA: Cara mendongkrak birahi lovebird agar bisa konslet

2. Siapkan pakan

Agar persediaan pakan tetap terpenuhi, dan lovebird tidak kelaparan, anda harus menyiapkan pakan terlebih dahulu sebelum merawat lovebird.

Pakan yang wajib anda siapkan adalah milet putih, karna milet adalah pakan utama burung lovebird. Untuk pakan tambahan lainnya, anda bisa membelinya ketika sudah merawat lovebird.

Berikan pakan yang berkualitas tinggi agar kesehatan lovebird terjaga, dan juga harus yang benar-benar bersih. Karna, lovebird sangat rawan terkena penyakit.

3. Sprayer / Semprotan air

Selain pakan yang harus anda siapkan, anda juga dapat membeli sprayer atau semprotan air untuk memandikan lovebird nantinya. Sprayer dapat anda beli di kios-kios burung terdekat.

Namun, sprayer tak wajib dibeli untuk merawat lovebird. Pasalnya, lovebird dapat mandi sendiri bila kita menyediakan cepuk yang berukuran besar, sehingga kita tidak usah repot-repot memandikannya.

Namun, agar hasil dan waktu mandinya tepat, anda dapat menyiapkan sprayer untuk jaga. Karna bila lovebird mandi sendiri, biasanya tidak akan merata sampai ke bulu dalamnya.

Cara merawat lovebird untuk pemula

1. Embunkan lovebird

Bagi pemula, anda dapat memulainya dengan mengembunkan lovebird di pagi hari atau setelah shalat subuh. Keluarkan lovebird dari rumah, dan buka kerodong nya.

Usahakan saat pengembunan tidak ada atap atau apapun yang menghalangi embun mengenai tubuh lovebird. Karna, embun sangat dibutuhkan oleh lovebird.

Pengembunan sangat penting untuk menjaga kesehatan lovebird, terutama pada pernapasannya. Tak hanya itu, pengembunan juga dapat melatih mental burung agar berani mengeluarkan kicauannya.

BACA JUGA: 7 Makanan terbaik burung Lovebird untuk mendongkrak ngekek panjang dan konslet

Perlu diketahui, pagi hari adalah waktunya burung-burung untuk berkeliaran dan saling sahut-sahutan kicauannya. Sehingga, secara alami lovebird pun akan terpancing mengeluarkan suaranya.

2. Mandikan burung

Jika waktu sudah cukup siang atau matahari sudah terlihat, anda dapat memandikan lovebird. Proses memandikan dapat menggunakan sprayer yang sudah disiapkan tadi.

Usahakan sprayer yang digunakan halus agar dapat merata mengenai seluruh anggota tubuh lovebird kecuali bagian hidung. Karna, bila hidung lovebird terkena air dapat menyumbat pernapasannya.

Namun, bila anda belum memiliki sprayer, anda bisa menyediakan cepuk berukuran besar agar nantinya lovebird mandi sendiri. Karna, lovebird memiliki insting untuk membersihkan tubuhnya.

3. Jemur lovebird

Bila sudah dimandikan, anda dapat langsung menjemur lovebird. Sama seperti pengembunan, usahakan dalam penjemuran tidak ada atap atau apapun yang menghalangi sinar matahari mengenai tubuh lovebird.

Sinar matahari tersebut sangat dibutuhkan lovebird untuk membantu mengeringkan bulu-bulu basahnya dengan cepat. Pastikan sebelum diangkat, bulu-bulu lovebird benar-benar kering agar tidak terjadi tumbuhnya bakteri.

BACA JUGA: 8 cara mendongkrak lovebird ngekek panjang dan konslet di gantangan

Proses penjemuran dapat dilakukan mulai pukul 7 hingga 11 siang dengan durasi 45 hingga 2 jam. Jangan dijemur terlalu siang, karna terik matahari terlalu panas pada jam-jam tertentu.

4. Berikan pakan

Bila proses penjemuran sudah selesai, berikan pakan lovebird agar tidak kelaparan. Pakan yang diberikan dapat berupa milet yang sudah disiapkan tadi, bisa juga ditambahkan pakan sampingan lainnya.

Usahakan makanan selalu dalam kondisi fress dan bersih agar terhindar dari penyakit. Tak hanya itu, air minum tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung dan selalu rutin diganti.

5. Berikan waktu istirahat cukup

Sama halnya dengan manusia yang membutuhkan waktu istirahat yang cukup, lovebird pun sama demikian. Lovebird membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar kesehatan nya terjaga.

Dan juga, dengan istirahat yang cukup, energi lovebird akan teratur dan akan fress di hari-hari berikutnya untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti berkicau.

Pada umumnya, lovebird membutuhkan waktu 10 hingga 12 jam untuk istirahat. Anda dapat membagi waktu istirahatnya menjadi dua waktu, malam dan siang hari.

Pada siang hari, biarkan lovebird untuk beristirahat setelah lovebird diberi makan. Biasanya, lovebird akan diistirahatkan mulai pukul 11 hingga 3 sore.

BACA JUGA: 9 cara menurunkan birahi lovebird dengan cepat

Malamnya, lovebird diistirahatkan kembali setelah pukul 6 sore hari dan dimasukkan ke rumah. Kerodong kandang lovebird agar tidak kedinginan, karna pada malam hari memiliki suhu udara yang cukup dingin.

Kerodong lovebird dapat dibuka dan dikeluarkan mulai pukul 5 pagi saat lovebird akan diembunkan. Lakukan aktivitas harian ini secara rutin untuk merawat lovebird anda.

Bila sudah konsisten merawat lovebird, anda dapat membuat lovebird anda menjadi gacor dengan cara pemasteran. Pemasteran dilakukan agar lovebird anda ngekek panjang dan bisa menjadi juara kontes bila ingin diikutkan.