Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang dan Konslet di Gantangan

Cara Membuat Burung Lovebird Ngekek Panjang Dan Konslet Gak Ketulungan
Memiliki burung Lovebird dengan suara ngekek panjang adalah idaman bagi para kicau mania dimanapun berada. Terlebih lagi bila burung tersebut konslet nya gak ketulungan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa Lovebird dengan ngekek dan durasi yang panjang merupakan gen dari induknya. Nyatanya, semua bisa jadi konslet dan ngekek panjang tergantung perawatan sehari-hari nya.

Perawatan sehari-hari agar si burung konslet dan ngekek panjang sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Anda hanya membutuhkan ketelatenan saja dalam merawatnya, perbanyak waktu untuk mengurus nya agar menjadi konslet.

Jika anda ingin tahu cara agar si burung ngekek panjang dan konslet, anda membaca artikel yang tepat. Disini, kami akan membocorkan perawatan burung Lovebird agar ngekek panjang dan konslet.

Cara membuat burung Lovebird konslet dilapangan

1. Embunkan di pagi hari

Pengembunan sangat penting untuk kesehatan tubuh lovebird, tubuh Lovebird akan terasa lebih segaran dan imunitas tubuhnya meningkat. Serta, Lovebird akan saling adu kicau dengan burung liar lainnya pada pagi hari. Karna, pada pagi hari adalah waktunya burung-burung untuk liat.

Anda dapat mengembunkan Lovebird pada pukul 5 pagi atau setelah shalat subuh sampai matahari terbit. Usahakan sewaktu pengembunan tidak ada atap atau apapun yang menghalangi air embun mengenai tubuh Lovebird.

2. Mandikan lovebird

Setelah matahari terbit atau sesudah proses pengembunan, anda dapat langsung memandikannya. Proses memandikan Lovebird dapat menggunakan mandi semprot atau sediakan cepuk berukuran besar agar nantinya si burung akan mandi sendiri.

3. Penjemuran

Jika burung sudah dimandikan, penjemuran adalah tahapan berikutnya. Sama halnya dengan tahapan pengembunan, saat penjemuran usahakan tidak ada atap atau apapun yang menghalangi sinar matahari.

Proses penjemuran dapat dilakukan pada pukul 7 hingga pukul 11 siang, dengan durasi waktu 20 hingga 45 menit. Jika waktu sudah siang, jangan terlalu lama di jemur, karna dapat menyebabkan burung dehidrasi.

4. Pemberian pakan

Setelah proses diatas stelah dilakukan, anda dapat memberikan pakan yang terbaik untuk Lovebird. Pakan terbaik untuk burung Lovebird anda dapat melihatnya Makanan-makanan terbaik burung Lovebird..

Usahakan berikan pakan yang fress dan bersih agar terhindar dari kuman dan bakteri. Bila pakan yang diberikan kurang bersih, besar kemungkinan akan berpengaruh pada kesehatan Lovebird.

Tak hanya pakan nya yang fres dan bersih, minuman yang diberikan pun harus selalu diganti agar fress setiap saat. Lebih bagusnya berikan minum dalam kondisi matang agar kuman dan bakteri nya sudah mati.

5. Pemberian suplemen dan vitamin

Tak cukup memberikan pakan yang kaya akan vitamin dan nutrisi, anda dapat menambahkan suplemen dan nutrisi untuk Lovebird. Tujuannya agar daya tahan tubuh si burung meningkat dan tahan akan penyakit.

Suplem yang diberikan pada burung berbeda-beda, anda dapat membelinya di toko burung terdekat. Bila ingin burung anda konslet di gantangan, anda dapat memberikan suplemen pendorong ngekek Lovebird.

6. Pemasteran

Tahapan terakhir adalah proses pemasteran. Tujuan dari pemasteran adalah agar si burung dapat mengikuti irama dan melodi suara burung master yang diberikan. Disini, berikan suara burung dengan durasi dan ngekek panjang agar si Lovebird mengikutinya.

Selama proses pemasteran, anda dapat mengkrodong sangkar burung dan hanya gantang di tempat yang sepi. Lalu, berikan suara pemasteran si burung. Proses pemasteran dapat dilakukan setelah diberikan makan hingga sore hari (saat burung akan makan kembali). 

Pada malam hari, kerodong kembali sangkarnya dan berikan suara pemasteran burung jika anda mau. Berikan suara pemasteran hingga pagi hari saat burung akan di embunkan.

7. Jaga kebersihan kandang

Kandang menjadi salah satu alasan yang dapat membuat lovebird jadi ngekek panjang dan gacor. Kandang yang bersih akan menjaga kesehatan si lovebird sehingga tidak terkenda virus ataupun kuman yang dapat mempengaruhi fisiknya.

Untuk melakukan perawatan kandangnya, anda dapat melakukan penyemprotan dengan spray. Lakukan penyemprotan sesering mungkin setidaknya dua hingga tiga kali sehari. Yang paling utama, bersihkan kotoran Lovebird dari kandang dan jangan biarkan sedikitpun tersisa di dalam kandang.

8. Penguatan mental

Jika tahapan diatas sudah dilakukan secara konsisten, anda dapat mencoba untuk menguatkan mental si burung dengan cara uji coba di arena lomba. Hal ini bertujuan untuk melatih si burung agar dapat konslet setiap bertemu dengan musuhnya.

Jika anda memiliki lebih dari satu Lovebird, anda tidak perlu menguatkan mental si burung ke gantangan. Anda hanya perlu mendekatkan kedua burung Lovebird agar saling beradu kicau. Jangan lakukan hal ini setiap saat, lakukan paling tidak 1 kali dalam seminggu.

Nah, itu dia cara membuat burung Lovebird ngekek panjang dan konslet. Lakukan cara ini dengan konsisten setiap harinya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa, berikan pakan yang berkualitas karna sangat mempengaruhi kualitas kicau dan kesehatan burung.