Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Menurunkan Over Birahi Lovebird dengan Cepat

8 Cara Menurunkan Over Birahi Lovebird dengan Cepat
Menurunkan birahi burung Lovebird seperti nya setiap orang memiliki cara agar birahinya cepat turun. Namun, sebernya ada cara yang sangat cepat untuk menurunkan birahinya, bahkan hanya dalam hitungan jam saja.

Untuk burung Lovebird yang sering mengikuti lomba, kondisi birahi pada burung Lovebird harus sangat diperhatikan. Mengingat, kemampuan ngekek pada burung Lovebird sangat tergantung pada kondisi birahinya. Apalagi bila sudah over birahi (OB), harus sesegera mungkin diturunkan.

Berbeda dengan burung Lovebird untuk ternakan, kondisi over birahi tidak begitu masalah bahkan sangat bagus untuk mempercepat proses perkawinan. Untuk cara tercepat menurunkan birahi pada burung Lovebird, anda dapat mengikuti cara kami dibawah ini.

Cara Menurunkan Birahi Lovebird dengan Cepat hanya dalam Hitungan Jam

1. Sering-sering dimandikan

Memandikan burung Lovebird adalah cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan birahinya. Bila birahi burungnya ingin cepat diturunkan, tingkatkan frekuensi mandi burung Lovebird. Misal, yang biasanya burung anda dimandikan hanya sekali dalam sehari, tingkatkan menjadi 2 hingga 3 kali sehari.

Tak hanya frekuensinya saja yang ditingkatkan, durasi mandi nya pun dapat anda tingkatkan agar membuat burung lebih rileks. Jadi, bila biasanya anda hanya memandikan burung selama 10 menit saja, anda dapat meningkatkannya menjadi 20 hingga 30 menit. 

Baiknya, proses pemandian dilakukan sebelum matahari terbit agar birahi Lovebird cepat turun. Namun, banyak orang yang beranggapan bahwa memandikan burung pada malam hari mampu menurunkan birahi pada burung. Bisa saja, namun proses memandikan dengan durasi yang lebih singkat.

2. Embun kan selepas subuh

Sama halnya dengan burung lainnya, burung Lovebird pun perlu di embun kan agar birahinya cepat turun. Pengembunan sangat penting Karna dapat menjaga kesehatan terutama para pernapasan. Tak hanya itu, dengan proses pengembunan mampu membuat burung lebih rileks.

Seperti yang kita ketahui, udara pada pagi hari sangatlah sejuk dan juga segar. Sehingga kondisi alam inilah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh burung Lovebird. Untuk proses pengembunan, dapat dilakukan mulai pukul 04.00 (selepas subuh) hingga pukul 05.00.

3. Jemur burung

Setelah proses pemandian dan juga pengembunan, anda dapat menjemurnya bila matahari telah terbit. Yang penting jangan sampai melewati pukul 11.00 siang karna tidak baik untuk burung.

Perlu diketahui, sinar matahari pada pagi hari mengandung vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan si burung. Terlebih lagi sinar matahari pada jam-jam tertentu (setelah matahari terbit) masih terasa hangat yang dapat membuat tubuh burung nyaman.

4. Umbaran

Anda dapat memasukkan burung Lovebird pada kandang umbaran agar birahinya cepat turun. Disarankan agar burung Lovebird yang sedang birahi dijauhkan dengan burung Lovebird lainnya dan biarkan si burung di dalam kandang umbaran sendirian.

Jika Lovebird yang sedang birahi disatukan atau dicampur dengan burung Lovebird lainnya, besar kemungkinan burung Lovebird yang sedang birahi dapat menyerang. Hal ini sangat berbahaya karna dapat melukai dan membahayakan keselamatan burung Lovebird lainnya.

5. Jangan dikerodong

Agar proses menurunkan birahi burung cepat selesai, sebaiknya kandang burung Lovebird jangan dikerodong dari pagi hingga menjelang malam hari. Namun, bila sudah malam dan udara terlalu dingin, anda dapat mengkrodong kandangnya agar Kesehatan burung terjaga.

Udara segar dan juga sejuk mampu membantu menurunkan birahi burung Lovebird. Sehingga anda tidak perlu mengkrodong kandangnya jika keadaan birahi pada burung belum menurun. Namun, mengkrodong pada malam hari hingga pagi hari tetap harus dilakukan.

6. Hindari pemberian pakan yang berpotensi meningkatkan birahi si burung

Untuk mempercepat menurunkan birahi Lovebird, anda dapat mendongkrak nya dengan menghentikan pemberian pakan yang dapat memicu naiknya birahi si burung. Terdapat beberapa makanan yang mampu meningkatkan birahi Lovebird, diantaranya jagung muda, kangkung, dan kwaci.

Tiga makanan diatas disinyalir mampu meningkatkan birahi Lovebird. Oleh sebab itu, untuk menyukseskan kemauan kita agar birahi si burung turun, anda dapat menghentikan sementara pemberian pakan makanan-makanan tersebut.

Agar kebutuhan vitamin dan nutrisi nya tetap terpenuhi, anda dapat menggantinya dengan multivitamin yang dapat anda beli di toko-toko burung. Sementara air minumnya, usahakan agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung dan ganti secara rutin agar tetap bersih.

7. Berikan mentimun

Berbeda dengan tiga makanan tadi yang mampu meningkatkan birahi Lovebird, mentimun malah dapat menurunkan birahi Lovebird dengan cepat loh. 

Karna banyak burung Lovebird yang kurang menyukai mentimun, anda dapat memberikannya pada pagi hari sebelum si burung makan sesuatu. Sehingga, si burung tidak ada pilihan lain selain makan mentimun karna ia kelaparan.

8. Berikan untulan Lovebird lainnya

Untuk burung Lovebird kontes atau lomba, anda dapat menurunkan birahinya dengan cepat. Caranya ialah dengan memberikan untulan atau pasangan si Lovebird tersebut. Sehingga over birahi si burung dapat terealisasikan kepada si burung untulan nya.

Namun untuk menurunkan birahi dengan cara ini, anda tidak bisa memberikan untulan asal-asalan. Karna dapat menyebabkan cedera karna adanya perkelahian. Pastikan memberikan untulan yang sudah berpasangan agar kejadian tersebut tidak akan terjadi.

Demikian tips and trik cara menurunkan birahi burung Lovebird dengan cepat hanya dalam hitungan beberapa jam saja. Jangan lupa, lakukan secara konsisten agar birahinya tetap terjaga dan tidak terjadi over birahi secara berkelanjutan.