Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Makanan Terbaik Burung Lovebird agar Ngekek Panjang dan Konslet

7 Makanan Terbaik Burung Lovebird agar Ngekek Panjang dan Konslet

Burung Lovebird adalah salah satu burung yang paling gampang untuk dirawat. Karna, burung ini tidak harus memiliki waktu khusus untuk merawatnya, termasuk dalam pemberian pakan.

Pakan burung Lovebird sangat mudah ditemui di sekitar lingkungan kita. Terdapat lebih dari 10 jenis makanan yang dapat kita berikan untuk burung Lovebird. Namun, terdapat 7 pakan yang mendapat predikat pakan terbaik untuk burung Lovebird.

Pakan ini mampu mendorong Lovebird untuk tampil beda dari biasanya, dapat mengakibatkan ngekek panjang, dan juga meningkatkan birahinya. Apa saja pakan terbaik burung Lovebird? Simak dibawah ini!

Pakan burung Lovebird

1. Milet

Milet banyak digunakan sebagai makanan utama burung Lovebird. Tak hanya disukai oleh Lovebird, milet pun banyak disukai oleh burung-burung lainnya seperti burung kenari dan sebagainya.

Milet sendiri memiliki dua jenis yang berbeda, ada milet putih dan juga ada milet merah. Kandungan dan manfaat keduanya pun berbeda tergantung si pemilik ingin memberikan milet yang mana.

Perlu diketahui, milet putih bermanfaat untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan Lovebird. Sedangkan milet merah, berfungsi untuk meningkatkan birahi Lovebird sehingga akan lebih aktif dalam pergerakan dan juga kicauannya. 

Namun, biasanya pemilik burung akan mencampurkan kedua milet ini dan diberikan untuk makanan harian Lovebird. Mau yang merah atau pun putih, milet memiliki manfaat yang sangat besar untuk burung lovebird.

2. Biji oat

Seperti yang kita ketahui, biji oat memiliki segudang manfaat untuk manusia. Ternyata, biji oat pun sama bermanfaatnya untuk burung Lovebird mengingat kandungan karbohidrat dan proteinnya yang seimbang.

Dengan kandungan tersebut mampu meningkatkan kadar berat badan burung yang susah makan dan mampu mempercepat pergantian serta pembentukan struktur bulu-bulu yang baru.

Tak hanya itu, kandungan serat yang kaya dalam biji oat mampu melancarkan sistem pencernaan burung Lovebird sehingga burung tidak mudah stres. Bila burung dalam proses pemulihan pasca sakit, anda dapat memberikan makanan ini karna sangat baik untuk burung.

3. Jagung

Jagung dapat dijadikan makanan tambahan burung Lovebird. Kandungan karbohidrat yang tinggi serta kaya akan vitamin B dan C sangat baik untuk pertumbuhan Lovebird. Tak hanya itu, jagung pun mampu memperkuat otot-otot tubuh dan juga ketajaman mata.

Dengan rutin mengonsumsi jagung, Lovebird akan tidak mudah terkena berbagai penyakit. Manfaat yang terkandung di dalamnya mampu menjaga imunitas tubuh Lovebird. Sehingga dengan segudang manfaat yang dimiliki, jagung adalah makanan wajib untuk dikonsumsi Lovebird.

Namun dalam pemberiannya, anda harus memastikan memberikan jagung yang masih muda agar mempermudah Lovebird dalam mencerna makanannya. Karna kaya akan karbohidrat, disarankan untuk tidak terlalu sering memberi pakan jagung karna mampu menyebabkan kegemukan.

4. Biji sawi

Biji sawi adalah makanan favorit burung Lovebird, karna memiliki cita rasa lezat pada biji ini. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, biji sawi pun memiliki kandungan gizi dan serat yang sangat baik untuk Lovebird.

Biji sawi memiliki kandungan omega 3 yang mampu membantu proses tumbuh kembang burung Lovebird. Berbeda dengan jagung, biji sawi jikapun dikonsumsi dengan jumlah banyak tidak akan membuat burung menjadi kegemukan.

5. Kangkung

Tak hanya disukai oleh manusia, kangkung nyatanya juga sangat digemari oleh burung Lovebird. Memiliki segudang manfaat untuk Lovebird, dan memiliki kandungan berupa kalsium menjadikan kangkung wajib diberikan kepada Lovebird.

Terlebih lagi untuk Lovebird yang sedang proses perkawinan atau penjodohan, karna sangat baik untuk pembentukan cangkang telur nantinya. Tak hanya itu kangkung pun mampu meningkatkan kualitas kicauan burung Lovebird serta meningkatkan birahinya sehingga akan lebih aktif.

Tak hanya kalsium, kangkung juga memiliki kadar serat yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan si burung. Walau baik untuk proses perkawinan, dalam proses merawat anak-anak kangkung tidak cukup baik untuk diberikan pada Lovebird.

6. Tauge/Kecambah

Tauge menjadi salah satu makanan yang wajib diberikan untuk Lovebird. Karna akan menambah stamina Lovebird, sehingga si burung akan lebih aktif bergerak dan juga berkicau. Tak hanya itu, kicauan yang dihasilkan pun lebih lembut dan halus.

Bagi burung Lovebird yang sering keluar masuk kontes atau lomba burung, pemberian touge adalah hal wajib yang harus dilakukan. Namun, touge hanya dijadikan sebagai makanan sampingan saja di selingi dari pemberian milet sebagai makanan utamanya.

7. Apel merah

Seperti yang kita ketahui, apel memiliki kandungan serat yang tinggi, serta rendah gula yang menjadi nutrisi untuk tubuh kita. Ternyata, kandungan itu pun sangat bermanfaat untuk burung Lovebird loh.

Tak hanya kandungan serat dan rendah gula saja, apel juga kaya akan vitamin yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh lovebird, jadi burung Lovebird anda tidak akan mudah terserang penyakit apapun.

Untuk pemberian apel, disarankan untuk memberikan apel yang berwarna merah. Seperti yang kita ketahui, apel memiliki dua jenis warna, yaitu warna merah dan juga hijau.

Biasanya, apel yang berwarna merah, memiliki rasa yang lebih manis daripada apel yang berwarna hijau. Dan juga, apel merah memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi daripada apel hijau. 

Untuk pemberian apel, hanya sebagai makanan tambahan atau selingan saja ya. Sebelum diberikan, bersihkan dengan mencucinya agar terbebas dari pestisida. Dan juga kupas terlebih dahulu kulitnya sebelum diberikan.

Nah, itu dia makanan untuk burung Lovebird yang dapat anda berikan. Usahakan, makanan yang diberikan dalam kondisi fress dan bersih agar terhindar dari penyakit.

Nb: Pakan utama Lovebird adalah milet, jadi untuk biji oat, jagung, biji sawi, kangkung, tauge dan apel hanya sebagai makanan tambahan atau makanan selingan saja ya teman-teman.

Misal, Minggu pertama anda berikan makanan tambahan oat. Minggu kedua anda berikan makanan tambahan jagung, Minggu ketiga anda berikan makanan tambahan biji sawi, dan seterusnya. 

Tujuannya agar si burung tidak merasa bosan dengan makanannya yang itu-itu saja, sehingga nantinya malah akan membuat nafsu makan si burung menurun dan imunitas tubuhnya pun ikut turun.